Jumat, 08 Juli 2011

ORGANISASI PROPOSAL PENELITIAN

ORGANISASI PROPOSAL PENELITIAN
Oleh: Dayudin

Ketika sebuah penelitian akan dilakukan, menurut ada tiga pertanyaan yang amat penting: (1) apa yang akan diteliti? (2) bagaimana penelitian itu akan dilakukan? (3) untuk apa penelitian itu dilakukan? 
Bisri (1998: 2)

1.       Latar Belakang Masalah
Pada bagian ini anda kemukakan berbagai korpus/data/temuan kebahasaan yang mengadung masalah, baik itu bidang fonologi, morfologi, sintaks, semantik, atau pragmatik
Bagaimana cara menemukan masalah?
Gampang. Baca buku sebanyak-banyaknya, lalu catat apa yang menurut anda menarik untuk diteliti atau bertentangan dengan teori yang anda pelajari (ketahui) selama ini.
Contoh. Menurut teori, jika subjek sebuah kalimat berperan sebagi penderita atau yang dikenai pekerjaan, maka kalimat itu adalah kalimat pasif. Tetapi dalam bahasa Arab kalimat ”infataha al-baabu” ’pintu terbuka’ tidak disebut kalimat pasif (majhul). Nah di sini ada masalah, karena antara teori dan kenyataan tidak sesuai. Ini perlu diteliti. Agar anda bisa menjadikannya sebagai bahan skripsi (objek penelitian) maka anda harus memperbanyak data (korpus) yang serupa dengan masalah tadi.

2.       Identifikasi Maslah
Setelah beberapa data (korpus) anda temukan, pastikan bahwa apa yang anda temukan itu mengandung masalah. Kemukakan teori-teroi yang bertentangan dengan yang anda temukan sehingga anda bisa membuktikan bahwa apa yang anda kemukakan itu mengandung masalah dan perlu diteliti.

3.       Perumusan Maslah
Data (korpus) yang anda temukan itu tentunya mengandung berbagai permasalahan, dan anda tidak mungkin untuk meneliti semuanya. Oleh sebab itu, tentukan (RUMUSKAN) masalah yang akan anda teliti dengan memperhatikan WAKTU, DANA, REFEREN (BUKU), KEMAMPUAN (MUMPUNI), dll.

4.     Tujuan Penletian
Tujuan penelitian adalah apa yang ingin ada temukan dari penelitian anda. Tujuan ini mengacu pada masalah yang anda rumuskan di atas. Ingat bahwa tujuan penelitian bukan (ke)simpulan. Tujuan penelitian adalah keinginan-keinginan yang akan anda teliti.

5.       Bobot dan Relevansi
Penelitian yang anda lakukan harus bermanfaat baik secara praktis maupun teoretis. Pada bagian ini, kemukakan apa manfaat yang akan didapat dari hasil penelitian anda itu.

6.       Tinjauan Pustaka
a.             Anda bukan satu-satunya yang melakukan penelitian. Oleh sebab itu anda harus bisa mebuktikan bahwa ada penelitian-penelitian  lain yang ada hubungannya dengan penelitian anda
b.             Anda juga bukan orang pertama yang melakukan penelitian. Oleh sebab itu, cari lalu kemukakan peneliti-peneliti lain yang telah melakukan penelitian yang ada hungannya dengan penelitian anda.
c.             Anda juga tidak bisa lepas dari bantuan orang. Oleh sebab itu, manfaatkan apa yang telah diteliti orang sebagai bahan acuan dan informasi bagi penelitian anda
Tapi INGAT bahwa yang anda teliti belum diteliti oleh orang lain (tidak 100% sama dengan yang diteliti oleh orang lain).
Pada bagian ini kemukakan juga teori-teori (buku-buku) yang bisa dijadikan rujukan dalam penelitian anda
7.       Kerangka Berpikir
Pada bagian ini, anda kemukakan  alasan logis yang menyebabkan bisa ditelitinya masalah yang anda temukan itu. Caranya bisa secara deduktif atau induktif. Deduktif dimulai dengan mengemukakan teori yang anda pahami lalu analisa (jelaskan) masalah yang anda temukan. Sedangkan induktif dimulai dari data-data yang anda temukan lalu dianalisa dengan teori yang anda kuasai.
Analisa itu hanya berfungsi untuk menjelaskan bahwa apa yang anda pikirkan itu bersifat logis.

8.       Metodologi
Menurut Bisri (1998: 2) unsur-unsur metodologi (dalam sebuah penelitian) mencakup, antara lain, penentuan metode penelitian, penentuan sumber data, cara pengumpulan data, dan pemilihan model analisis data.

a.     Metode Penelitian
Banyak metode yang bisa anda pakai dalam penelitian.
Dalam penelitian bahasa dikenal metode-metode berikut: deskriptif, preskriptif,  perpustakaan, lapangan, labo-ratorium, kualitatif, kuantitatif, komparatif, kontrastif, sinkronik, diakronik, eksperimental, induktif, deduktif, etnografi, riset,

b.       Metode Kajian (teknik Penelitian)
Bila data sudah terkumpul dan terklasifikasi, lalu data itu akan dianalisis, maka dalam analisis itu metode yang digunakannya disebut metode kajian. Pakar lain menyebutnya teknik analisis.
Dalam analisis bahasa dikenal dua jenis metode/teknik/pendekatan/ cara, yaitu metode padan dan metode distribusional (agih istilah Sudaryanto).
Metode padan ini mempunyai metode bawahan/cara/kiat yang bermacam-macam, Berikut sebagian dari cara yang digunakan dalam analisis metode padan:
1.              Teknik Referensial.
2.              Teknik Fonetik Artikuler.
3.              Ternik Translasional.
4.              Teknik Pragmatis atau Dialog.
5.              Teknik Ortografis.
Metode dsitribusional memiliki beberapa teknik dalam menganalisis bahasa, antara lain:
1.              Teknik Delesi (Pelesapan).
2.              Teknik Penyulihan (substitusi=penggantian).
3.              Teknik Penyisipan (Intrusi)
4.              Teknik Perluasan (Ekspansi)
5.              Teknik Pemindahan Unsur (Permutasi)
6.              Teknik Pengulangan Unsur (Reduplikasi)
7.              Teknik Parafrase (penafsiran).

9. Simpulan

1 komentar:

  1. terima kasih pak atas postingannya, sangat membantu sekali buat kami anak BSA yang sedang bingung dengan proposal

    BalasHapus